Sunday, February 17, 2013

Router

Jaringan saat ini memiliki dampak yang signifikan pada kehidupan kita mengubah cara kita hidup, bekerja, dan bermain. Jaringan komputer dan dalam konteks yang lebih besar seperti Internet memungkinkan orang untuk berkomunikasi, berkolaborasi, dan berinteraksi. Jaringan diterapkan dalam berbagai cara antara lain aplikasi web, IP telephon, video konferen, game interaktif, perdagangan elektronik, pendidikan, dan banyak lagi.

Inti dari jaringan komputer tersebut adalah Router. Router menghubungkan satu jaringan ke jaringan lain,  router berguna untuk pengiriman paket di jaringan yang berbeda.

Apakah Router adalah Komputer?
Router memiliki banyak hardware dan software seperti pada Komputer PC yaitu: CPU, RAM, ROM, Sistem operasi.
Jadi bisa kita katakan bahwa sebuah router adalah sebuah komputer, seperti komputer lain termasuk PC. Router pertama digunakan Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET), yang disebut Interface Message Processor (IMP). 

Router Merupakan Pusat Jaringan
Pengguna jaringan komputer mungkin tidak menyadari kehadiran banyak router dalam jaringan mereka sendiri atau di Internet. Pengguna berharap untuk dapat mengakses halaman web, mengirim e-mail, dan download musik - apakah server mereka mengakses pada jaringan mereka sendiri atau pada jaringan lain di seluruh dunia. Namun berbeda dengan orang yang berkecimpung didunia networking, mereka tahu disitu ada router yang bertanggung jawab untuk meneruskan paket dari jaringan satu ke jaringan yang lain dari host asal atau original source ke host tujuan.
Sebuah router menghubungkan beberapa jaringan. Ini berarti bahwa router memiliki beberapa interface yang masing-masing punya IP Network yang berbeda. Ketika router menerima paket IP pada satu interface, maka router harus tau Interface mana yang digunakan untuk meneruskan paket ke tujuan. Tujuan disini bisa langsung ke network tujuan atau network lain yang terhubung dengan router yang lain juga.
Setiap jaringan yang terhubung ke router biasanya membutuhkan interface yang terpisah. Antarmuka ini digunakan untuk menghubungkan dua jaringan yang berbeda misalkan untuk kombinasi Local Area Network (LAN) dan Wide Area Networks (WAN) atau dengan Internet.

Router Menentukan Jalur Terbaik
Fungsi utama dari sebuah router adalah untuk menyampaikan paket dari jaringan lokal dan remote networks ke IP tujuan dengan cara:
1.         1. Menentukan jalur terbaik untuk mengirim paket
2.         2. Forwarding paket menuju tujuan.

Router menggunakan tabel routing untuk menentukan jalur terbaik untuk meneruskan paket. Ketika router menerima sebuah paket, maka router akan mengkaji tujuan alamat IP-nya dan mencari yang paling cocok dengan alamat jaringan dalam tabel routing router. Tabel routing juga mencakup antarmuka jaringan yang akan digunakan untuk meneruskan paket. Setelah ditemukan pada routing table-nya kemudian router akan mengenkapsulasi paket IP ke dalam frame data link dari interface yang mengarah ke network tujuan, dan paket kemudian diteruskan ke tujuan.

No comments:

Post a Comment