Friday, April 5, 2013

Buku adalah sumber pengetahuan


ILMU pengetahuan merupakan buah dari proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran terdapat aktivitas psikis, di antaranya membaca. Membaca adalah jendela dunia. Membaca dapat membuka cakrawala berpikir seseorang. Membiasakan kebenaran ternyata jauh lebih berat daripada membenarkan kebiasaan. Kebiasaan membaca perlu dibudayakan
Hampir sebagian besar manusia tidak menyangkal bahwa kebiasaan membaca adalah baik dan positif. Namun, tidak semua orang dapat menanamkan kegemaran membaca.
Buku adalah gudang ilmu, membaca adalah kuncinya. Semboyan atau pepatah sederhana ini memiliki makna yang sangat luas.


Mengapa dunia pendidikan di negeri ini terpuruk? Salah satu alasannya adalah kegemaran membaca masyarakat Indonesia yang tergolong masih rendah jika dibandingkan dengan negara lain.
Kualitas sumber daya manusia akan meningkat secara signifikan tatkala manusia dapat menumbuhkan kegemaran membaca. Seseorang tidak akan bisa menulis manakala tidak bisa membaca. Wajarlah seandainya di tingkat pendidikan sekolah dasar, yang pertama ditekankan adalah membaca, baru menulis, dan kemudian berhitung.

Guru sebagai salah satu sumber daya pendidikan mempunyai tanggung jawab dalam menumbuhkan kegemaran membaca melalui peserta didiknya.
Siswa usia sekolah dasar yang dalam perkembangan kognitifnya berada pada fase operasional konkret, tampaknya perlu contoh konkret pula dari gurunya dalam hal membaca. Siswa lambat laun akan menirukan apa yang dilihatnya, bila semua guru saat istirahat membaca buku. Setidaknya hal ini akan memberikan pengaruh positif bagi para siswanya. Sebaliknya, bila siswa sering melihat gurunya dalam waktu istirahat mengobrol ke sana ke mari, murid pun secara tidak langsung menirukannya. Bukankah ada pepatah, Guru kencing berdiri, murid kencing berlari?
Block grant buku perpustakaan merupakan salah satu alternatif solusi yang dapat menambah minat baca siswa.

Ironisnya, di sekolah dasar masih belum semuanya memiliki perpustakaan sekolah. Kalaupun ada, keberadaannya kurang dioptimalkan. Perpustakaan sekolah merupakan aset sumber pengetahuan siswa dan guru di sekolah tersebut. Buku adalah gudang ilmu. Banyak buku berarti gudang ilmunya pun banyak. Bila semua gudang dapat dibuka dengan memaca maka yang dapat membuka akan kaya ilmu pengetahuan dan pengalaman. Hal ini relevan dengan pepatah experience is the best teacher.
Pengalaman yang diperoleh seseorang memiliki makna besar bagi orang tersebut. Dengan pengalaman, seseorang yang pernah terperosok dalam satu lubang yang menyakitkan, minimal tidak akan terperosok dalam lubang yang sama. Akan tetapi, dalam hal ini tidak berlaku bagi orang yang dalam tanda kutip kurang menggunakan rasio dalam bertutur dan bertindak.
Revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah merupakan langkah awal untuk menumbuhkan minat baca di kalangan siswa, ditunjang dengan pengelolaan yang baik serta bimbingan guru terhadap pentingnya perpustakaan sebagai sumber belajar dan sumber informasi.
Pengelola perpustakaan harus pandai memilih dan memilah buku yang relevan dengan tuntutan kebutuhan para siswanya, juga perlu memperhatikan keaktualannya. Selain buku pengetahuan, perpustakaan sekolah perlu juga memiliki buku cerita, hiburan berupa cerita fiksi sebagai santapan sambil istirahat.

Membaca buku di perpustakaan sangat rendah tingkat kesulitannya dan tidak membutuhkan fasilitas prasyarat bagi penggunanya. Pada gilirannya, semua siswa sekolah dapat mendukung pemerintah dalam program Internet Goes to School yang tentunya perlu diawali oleh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sehingga mereka menjadi jembatan penghubung aplikasi teknologi tersebut.
Mengapa kita tidak mau mencoba untuk membangkitkan kegemaran membaca? Orang yang banyak membaca pasti banyak pengetahuannya. Orang yang banyak pengetahuannya adalah orang yang berilmu. Orang yang berilmu adalah orang yang ulet dan tidak mudah putus asa. Orang yang ulet adalah orang yang penuh harapan dan optimisme. Orang yang optimistis adalah orang yang sukses.

sumber : http://edoendrikaputra.wordpress.com/2011/05/29/buku-sebagai-sumber-pengetahuan/

No comments:

Post a Comment